Minggu, 07 Oktober 2012

Apa itu Marketing Komunikasi ? 

Komunikasi Pemasaran (atau MarCom atau Integrated Marketing Communications) adalah pesan dan media terkait yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pasar. Komunikasi pemasaran adalah "promosi" bagian dari "Marketing Mix" atau "empat P": harga, tempat, promosi, dan produk.

Mereka yang praktik periklanan, merek, bahasa merek, pemasaran langsung, desain grafis, pemasaran, kemasan, promosi, publikasi, sponsorship, hubungan masyarakat, penjualan, promosi penjualan dan pemasaran online yang disebut pemasaran komunikator, manajer komunikasi pemasaran, atau lebih singkat, MarCom manajer.

Proses komunikasi adalah pengirim-encoding-transmisi perangkat-decoding-penerima, yang merupakan bagian dari setiap iklan atau program pemasaran. 
  • Encoding pesan adalah langkah kedua dalam proses komunikasi, yang mengambil ide kreatif dan mengubahnya menjadi perhatian-mendapatkan iklan yang dirancang untuk berbagai media (televisi, radio, majalah, dan lain-lain). Pesan perjalanan ke khalayak melalui perangkat transmisi yang berbeda. Tahap ketiga dari proses komunikasi pemasaran terjadi ketika saluran atau media memberikan pesan.
  • Decoding terjadi ketika pesan mencapai satu atau lebih dari indra penerima. Konsumen baik mendengar dan melihat iklan televisi. Lainnya menangani konsumen (touch) dan membaca (lihat) tawaran kupon. Salah satu kendala yang mencegah pesan pemasaran dari yang efisien dan efektif disebut penghalang.

Barrier adalah segala sesuatu yang mendistorsi atau mengganggu pesan. Hal ini dapat terjadi pada setiap tahap dalam proses komunikasi. Bentuk yang paling umum dari komunikasi pemasaran mempengaruhi kebisingan adalah kekacauan.

[1].Secara tradisional, pemasaran komunikasi praktisi berfokus pada penciptaan dan pelaksanaan jaminan pemasaran dicetak, namun, penelitian akademik dan profesional mengembangkan praktek untuk menggunakan elemen strategis branding dan pemasaran dalam rangka untuk memastikan konsistensi pengiriman pesan ke seluruh organisasi - lihat "konsisten & merasa ". Banyak tren dalam bisnis dapat dikaitkan dengan komunikasi pemasaran, misalnya: transisi dari layanan pelanggan untuk hubungan pelanggan, dan transisi dari sumber daya manusia untuk solusi manusia dan tren untuk blog, email, dan komunikasi online lainnya berasal dari elevator pitch. Iklan sosial meningkat, berkat layanan seperti YouTube dan Vimeo. Menurut sebuah studi 2011, "88% dari semua perusahaan yang telah melakukan iklan media sosial puas dengan hal itu.

[2] Memang, iklan sosial terus menyerap kehidupan kita sehari-hari, dalam bentuk billboard, aplikasi, TV, dan bahkan media cetak.Dalam branding, setiap kesempatan untuk mengesankan (atau individu) merek organisasi pada pelanggan disebut sentuhan merek titik Contoh (atau merek titik kontak.) Termasuk segala sesuatu dari iklan TV dan media lainnya, sponsor acara, webinar, dan personal selling untuk bahkan produk kemasan. Dengan demikian, setiap kesempatan pengalaman bahwa organisasi menciptakan bagi para stakeholder atau pelanggan adalah titik sentuh merek. Oleh karena itu, sangat penting bagi strategi merek dan manajer untuk survei semua poin merek sentuhan organisasi mereka dan kontrol untuk pengalaman stakeholder atau pelanggan. Komunikasi pemasaran, sebagai wahana manajemen merek organisasi, adalah berkaitan dengan promosi merek organisasi, produk (s) dan / atau jasa (s) kepada para stakeholder dan calon pelanggan melalui titik-titik sentuhan.

Komunikasi pemasaran difokuskan pada produk / layanan sebagai lawan komunikasi korporat dimana fokus kerja komunikasi adalah perusahaan / perusahaan itu sendiri. Komunikasi pemasaran terutama berkaitan dengan generasi permintaan dan produk / layanan posisi sementara perusahaan komunikasi menangani merger manajemen isu, dan akuisisi, litigasi, dll.

Referensi by: 
^ Clow, Kenneth E & Donald Baack. "Promosi Iklan Terpadu dan Komunikasi Pemasaran", 3rd Edition, Upper Saddle River, 2007 (6-7).
^ Http://kinetictypography.com/statistical-study-on-social-commercials/

Pranala luar by:
The Journal of Komunikasi Pemasaran Terpadu
STC Marketing Communication Special Interest Group

Sumber by: 
Wikipedia




SEGMENTASI

Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar (Hermawan Kertajaya). Segmentasi pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran. Walaupun kita tidak boleh mengiris-iris pasar terlalu kecil, segmentasi pasar tetaplah suatu hal yang harus dipelajari dalam membangun usaha.

Peranan segmentasi dalam marketing :

  1. Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita.
  2. Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar.
  3. Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya.
  4. Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda.
Cara-cara dalam memandang suatu pasar :
  1. Static attribute segmentation. Cara memandang pasar berdasarkan geografis dan demografi. Geografis berarti kita melihat pasar berdasarkan wilayah (negara, kawasan, provinsi, kota). Demografi berarti kita melihat pasar merdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama, dan pendidikan.
  2. Dinamic attributesegmentation. Cara memandang pasar berdasarkan sifat-sifat dinamis yang mencerminkan karakter peanggan. Segmentasi ini melihat pasar berdasarkan psikografis dan perilaku. Psikografis meliputi lifestyle, kepribadian. Perilaku berupa sikap, penggunaan, dan respon pelanggan terhadap produk. 
Diolah dari berbagai sumber



Targeting

Apa itu Targeting? Tageting adalah pasar sasaran yang menjadi tujuan pemasaran. Dalam pemasaran dan periklanan, target pemirsa dalah sekelompok orang tertentu dalam target pasar di mana suatu produk atau pesan pemasaran produk ditujukan (Kotler 2000). Sebagai contoh, jika sebuah perusahaan menjual program diet baru untuk pria dengan masalah penyakit jantung (target market) komunikasi dapat ditujukan pada pasangan (target audiens) yang mengurus rencana gizi suami dan anaknya.

Sebuah target dapat terbentuk dari orang-orang dari kelompok usia tertentu, jenis kelamin, status perkawinan, dll. Misalnya remaja, perempuan, lajang, dll. Kombinasi faktor, misalnya pria berusia 20-30 adalah target umum. Kelompok lain, meskipun bukan fokus utama, mungkin juga tertarik. Menemukan target pasar yang tepat (s) dan menetukan target audiens adalah salah satu kegiatan yang paling penting dalam manajemen pemasaran (Niewenhuizen et al. 2000). Kesalahn terbesar itu mungkin untuk membuat dalam penargetan sedang mencoba untuk menjangkau semua orang dan berakhir menarik untuk tidak ada.

Target pasar
Sebuah target pasar adalah sekelompok pelanggan bahwa bisnis telah memutuskan untuk tujuan pemasaran usaha dan akhirnya dagangannya. Sebuah target pasar yang terdefinisi dengan baik adalah elemen pertama untuk strategi pemasaran. Target pasar dan variabel bauran pemasaran produk, promosi tempat (distribusi), dan harga adalah empat elemen dari strategi bauran pemasaran yang menentukan keberhasilan suatu produk di pasar.

Setelah pelanggan ini berbeda telah ditetapkan, campuran strategi pemasaran produk, promosi distribusi, dan harga dapat dibangun oleh bisnis untuk memenuhi target pasar.

Sumber by : Wikipedia


Positioning

Dalam pemasaran, positioning adalah proses dimana pemasar mencoba menciptakan citra atau identitas di benak target pasar mereka untuk produk, merek, atau organisasi.
Re-positioning melibatkan perubahan identitas produk, relatif terhadap identitas produk yang bersaing.
De-positioning melibatkan mencoba untuk mengubah identitas produk bersaing, relatif terhadap identitas produk Anda sendiri.
Karya asli pada posisi adalah konsumen berorientasi pemasaran, dan tidak begitu banyak terfokus pada pertanyaan relatif terhadap produk yang kompetitif sebanyak itu difokuskan pada memotong melalui "noise" ambient dan membangun saat kontak nyata dengan penerima yang dimaksud. Dalam contoh klasik dari Avis mengklaim "No.2, Kami berusaha lebih keras," adalah titik untuk mengatakan sesuatu yang begitu mengejutkan (itu menurut standar hari) yang dibersihkan ruang di otak Anda dan membuat Anda melupakan semua tentang siapa yang # 1 dan tidak untuk membuat beberapa titik filosofis tentang menjadi "lapar" untuk bisnis.
Pertumbuhan teknologi tinggi marketing mungkin memiliki banyak yang harus dilakukan dengan pergeseran dalam definisi terhadap posisi kompetitif. Salah satu komponen penting dari hi-tech pemasaran di era world wide web adalah posisi di mesin pencari utama seperti Google, Yahoo dan Bing, yang dapat dicapai melalui Search Engine Optimization, juga dikenal sebagai SEO. Ini merupakan komponen sangat penting ketika mencoba untuk meningkatkan posisi kompetitif di antara demografis yang lebih muda, yang cenderung Web berorientasi belanja mereka dan kebiasaan membeli akibat yang sangat terhubung dan terlibat dalam media sosial pada umumnya.

Sumbet by: Wikipedia



Diferensiasi

Definisi
"Tindakan merancang suatu set perbedaan yang berarti untuk membedakan penawaran perusahaan dari penawaran pesaing" (Phillip Kottler: 1999).
"Esensi dari strategi diferensiasi adalah perusahaan dapat memberikan perbedaan yang lebih unik dari pada pesaing, sehingga dengan perbedaan itu konsumen memiliki nilai yang lebih tinggi" (Thompson & Strickland: 1998).

Suber Diferensiasi
Produk fisik merupakan hal yang potensial untuk dijadikan pembeda. Perusahaan dapat membedakan produknya berdasarkan spesialisasi, kualitas kinerja, kualitas kesesuaian, tahan banting, keandalan, mudah diperbaiki, gaya dan rancangan.

Daya Tarik Strategi Diferensiasi
Menjadi benteng pertahanan karena konsumen menjadi loyal terhadap merk / model yang menjadi prefernsi mereka.
Manfaat lainnya:
  • Membentengi perusahaan dari masuknya pesaing.
  • Mengurangi kekuatan tawar menawar dari pembeli.
  • Menempatkan perusahaan pada persaingan yang lebih kuat dari perusahaan lain yang menghasilkan produk substitusi.

Sumber by: Kuliah IV Dasar2 Pemasaran by Jonminofri



Ini adalah tugas mata kuliah marketing communication konsentrasi desain grafis ,TGP, Politeknik Negeri Jakarta


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar